
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
(SEO)
Optimisasi mesin pencari
(bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan
untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin
pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja
atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah
menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya
halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang
ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada
hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan
pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin
meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan
peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan
pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan
jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki
basis usaha di internet.
SEJARAH
Menurut Danny Sullivan,
istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli
tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa
itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah
dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya
pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode
html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten
yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci
(keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara
menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang
sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat
situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat
dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry
Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas
Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun
Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan
matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang
dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa
kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu
halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan
prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web
yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link
oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila
halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi.
Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ
dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus
situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada
tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat
lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan
kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan
hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan
relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain
maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai
PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil
pencarian.
WEBMASTER DAN MESIN PENCARI
Sejak tahun 1997
perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola
website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas
hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal.
Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan
perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta
tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin
pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil
pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung
dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari
mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang
diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan
Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster
mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan
aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna
melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar
mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus
login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster
mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah
terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun
demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan
menghalalkan segala cara.
ETIKA DAN LEGALITAS
Sistem PageRank,
walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak lagi
sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan
praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara
kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat
pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan
beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword
stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau
layanan SEO yang tetap menggunakanannya terancam akan dihapus dari
indeks pencarian.
Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya
gertakan. Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang
tidak mengindahkan larangan tersebut menerima penalti yang serius karena
perbuatan ilegal mereka. Pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google
mengatakan bahwa URL sebuah firma SEO bernama Traffic Power beserta
klien-klien mereka telah dihapus dari indeks Google karena menggunakan
teknik SEO ilegal. Kasus lain yang terkenal adalah ketika Google pada
Februari 2006 menghapus situs web perusahaan BMW dan Ricoh Jerman dari
daftar karena terbukti menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW dan
Ricoh dengan segera meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs
mereka. Google kemudian memasukkan kembali situs web mereka ke dalam
indeks pencarian. Namun skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk
dan memalukan bagi kedua perusahaan tersebut.
Berdasarkan panduan
resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal sepanjang dilakukan
dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin
setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan
pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling berperan
dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan
manfaatnya bagi pengguna internet.
TOKOH-TOKOH SEO TERKEMUKA
1. Danny Sullivan
Mantan
wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang
aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini
dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.
2. Matt Cutts
Programmer
dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat yang
bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim
penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts
adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi
rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering
menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi
pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak
resmi Google.
3. Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa
dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang
mengepalai proyek Google Webmaster Central..
1. GOOGLE
Tidak asing bagi pengguna internet dengan Search Engine yang satu ini.
selain sering di gunakan untuk HomePage. Google juga sudah menarik hati
para pengguna komputer.
Pengembang : Google Inc
Kelebihan yang di miliki :
1. Lebih Cepat dan mudah dalam mencari data
2. Canggih dan memiliki fitur yang baik
3. Memiliki tampilan yang simple dan menarik
4. Memilki pilihan data yang akan di cari (video, books, image. dst)
5. Google adalah serach engine yang memiliki cache yang di gunakan untuk menghemat waktu dalam pencarian.
2. YAHOO!
Yahoo!. Tidak asing di telinga para pengguna internet di seluruh
manacanega. Fitur-fitur yang menarik dan asyik telah memikat pengunjung
internet. Fitur pembuatan e-mail dari Yahoo, paling baynyak di gunakan
dan menjadi fitur kebanggaan Yahoo!.com.
Pengembang : Yahoo! Inc
kelebihan yang dimiliki :
1. memiliki tampilan utama yang menarik
2. Yahoo search selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari
3. Yahoo! search juga memeilki kecepatan dalam mencari data
4. yahoo! memeilki katalog web, yang dapat memepermudah mencari web yang telah di kunjungi
5. Kita dapat log in (jika sudah memeilki aku nya) dan mendapatkan data yang lebih jelas
4. BING
Telah
banyak yang menegnal search Engine ini. BING merupakan revolusi dari
search engine milik Microsoft yang lama yakni Kumo. Dengan ada nya BING
yang juga sebagai pengganti Live Searchniscaya dapat membuat Microsoft
meningkatkan urusan share bisnis nya.
Pengembangnya : Microsoft
Kelebihannya :
1. Mempunyai fasilitas instant answer. Yang memempukan BING untuk menampung smua jawaban
2. Dapat menampilkan cashback pada penelusuran online shop
3. Lebih lengkap dan luas dalam menemukan data-data terutama maslah image atau video nya
4. BING selalu menampilkan hasil pencarian yang ter-update
5. Menampilkan pop up di text pada hasil pencarian yang disentuh oleh mouse pengguna
4. ASK.Com
Ask.Com
merupakan Search Engine yang tidak beda jauh dengan Google. Markas
besar ask.com terletak di Oakland, California, USA dan di bawah
kekuasaan Inter Active Corp.
Pengembangnya : Garret Gruener dan David Warthen (California)
Kelebihannya :
1. Background dari Ask.Com dapat di ubah sesuka hati
2. Ask.com akan mencari jawaban yang tepat atas kata kunci yang di cari oleh pengguna
3. Canggih dan dapat menyediakan jawaban lebih luas serta lengkap
4. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
5. Lycos
Lycos..
mungkin agak asing di telinga search engine yang satu ini. Akan tepapi
Lycos juga tak kalah jauh dari search Engine yang lain nya.
Pengembangnya : Bob Davis (Lycos.Inc)
Kelebihannya :
1. Dapat mencari data dengan cepat
2.
Lycos memilki keunggulan fitur bagi para remaja yakni “Fun Search” yang
berisi tentang gosip, lagu yang ter-upToDate dari selebitis-selebritis
ternama
3. lycos selalu menampilkan 50 pencarian terbaik/terbesar dalam halaman nya
4. Lycos juga akan menampilkan pencarian terbaiknya dalam pencarian MP & video nya
Kelemahannya
1. Google
Dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan
para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka
memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk
memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun
terasa tergangggu.
2. Yahoo
loadingnya membutuhkan waktu yang lama
. Walaupun orang orang menganggap kalau Yahoo ini search engine yang
kurang , ternyata search engine ini kelemahanya sedikit
3. Bing
1. Fiturnya kurang lengkap
2. Hasil pencarian yang kurang luas
3. Yang masih berstatus beta kemungkinan besar masih memiliki bug di dalamnya
4. ASK.Com
a. -Databasenya kecil
b. -Fitur kurang lengkap
c. -Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
d. -Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
e. -Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
5. Lycos
1.
Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian
site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman
depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih
mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban
dalam pencarian data.
0 komentar:
Posting Komentar